Beda VPS Biasa dan Cloud Server

VPS biasa dan cloud server merupakan istilah yang akan sering ada temukan saat ingin membangun sebuah website. Apabila anda sedang mencari jasa penyedia web pada mesin pencarian, maka tentunya anda akan menemukan kedua istilah tersebut.

Dan jika anda bertanya-tanya tentang perbedaan dari keduahaltersebut. Berikut ini telah kami rangkum untuk anda mengenai apaperbedaan dari vps biasa dan cloud server serta yang mana yang sesuai dengan kebutuhan andamasing – masing? Di bawah ini dapat Anda simak penjelasannya yaitu sebagai berikut :

Apakah Perbedaan dariVPS Biasa dan Cloud Server ?

 

VPS (Virtual Private Server)

Virtual Private server atau yang juga biasa disebut VPS merupakan suatu metode dalam mengantisipasi atau membagi resource / sumberdaya dari sebuah server fisik dengan menjadi beberapa server virtual. Server virtual tersebut mempunyai kemampuan untuk menjalankan operasi sistem sendiri seperti sebuah server fisik.

Kelebihan yang perlu Anda ketahui dalam menggunakan VPS yaitu, antara lain :

  1. Fleksibel, anda bisa menginstal software VPS di sesuaikan dengan yang anda butuhkan dan inginkan
  2. Anda bisa mempunyai akses ROOT, yang mana dengan memiliki akses tersebut, anda bisa melakukan apapun terhadap VPS anda
  3. Garansi resource (Space, RAM, dan CPU)
  4. Anda tak akan diusir oleh pihak hosting dengan telah menggunakan WP Robot dan sejenisnya

Kekurangan yang terdapatpadaVPS yaitu, antara lain :

  1. Anda harus memiliki pengetahuan yang lebih luas mengenai pemakaian server linux atau windows. Karena pihak hosting tidak akan membantu dalam hal ini, kecuali jika anda memakai jasa manage
  2. Biayanya akan lebih mahal dari share hosting
  3. Semakin anda butuh resource besar, maka anda juga harus mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar

Cloud Server

Teknologi cloud server beda halnya dengan VPS biasa. Teknologi dari could dapat memungkinkan beberapa server menjadi satu yang berfungsi sebagai storage / disk virtual, beberapa host atau server lain akan disatukan yang berfungsi sebagai computing node / CPU virtual.

Sementara dengan kata lain, cloud server ini tidak mempunyai batasan spesifikasi.Jadi dalamhalinianda bisa meningkatkan memory, storage, dan prosesor dengan sesuka hati anda.Selainitu,Cloud server ini juga mempunyai keunggulan yang lebih utama jika dibandingkan dengan VPS biasa, yaitu :

  1. Flexible yang hampir tanpa batas untuk sesi ukuran sumber dayanya
  2. Akan mengupgrade sumber daya hanya dalam sekejap saja, bahkan kadang-kadang tanpa membutuhkan reboot
  3. Memiliki riedundansi yang lebih baik secara signifikan
  4. Sentralisasi storage atau penyimpanan secara redundan

Selain mempunyai kelebihan yang telah disebutkan di atas, cloud server juga mempunyai kekurangan, yaitu sebagai berikut :

  1. Kerahasiaan datanya tidak terjamin yang bergantung kepada perusahaan penyedia jasa cloud server. Akan selalu ada resiko yang mana data user bisa saja diakses one orang lain yang tidak memiliki kepentingan atas hal tersebut
  2. Tingkat keamanannya belum terjamin dengan baik

Jika anda membutuhkan cloud VPS murah, maka anda bisa mempercayai DomaiNesia. Karena disini anda bukan hanya akan mendapatkan vps dengan harga yang murah, akan tetapi banyak keuntungan lainnya yang akan anda dapatkan. Salah satunya yaitu kemudahan dan high availability yang akan anda peroleh.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *