Begini Cara Tepat Hindari Mesin Mobil Macet Pasca Banjir

Banjir memang sudah jadi langganan bagi beberapa daerah di Indonesia. Kalau musim hujan sudah datang, pemilik kendaraan di daerah rawan banjir pasti akan langsung waswas. Sebab, mereka khawatir kendaraan yang baru saja dibeli dengan kredit mobil MItsubishi terbaik menjadi macet atau rusak karena tergenang air. Oleh sebab itu, yuk simak cara tepat merawat mobil pasca banjir agar performa mesin tidak terganggu berikut ini.

  • Melepaskan Kabel Aki

Salah satu penyebab mesin macet setelah terkena banjir adalah korsleting pada sistem pengapian. Hal ini umumnya terjadi karena adanya air yang masuk ke bagian aki dan mengenai kabel tempat listrik dihasilkan.

Guna menghindari hal tersebut, segera lepaskan kabel aki ketika mobil terendam banjir. Hal ini wajib dilakukan, terlebih jika mobil Anda termasuk keluaran teranyar. Sebab, umumnya mobil terbaru menggunakan sistem otomatis.

  • Jangan Nyalakan Mesin

Memindahkan mobil yang memiliki bobot besar memang lebih mudah dengan kondisi mesin menyala. Tetapi, hal itu tidak dapat dilakukan jika mobil masih terendam banjir atau baru saja keluar dari rendaman banjir.

Sebab, hal yang perlu dihindari ketika mesin menyala adalah kemungkinan adanya korsleting. Maka, dorong mobil ke tempat yang aman. Jika memungkinkan, jemur terlebih dahulu mobil hingga kering sepenuhnya baru Anda bisa menyalakan mesinnya kembali.  

  • Keringkan Bagian Pengapian Mobil

Air adalah musuh utama sistem pengapian mobil. Maka dari itu, mobil baru bisa dinyalakan kembali setelah bagian pengapian kering sempurna hingga tidak ada air yang tersisa. 

Contoh komponen mobil yang harus dibersihkan total dari air adalah busi, alternator, hingga delco kabel. Anda bisa membersihkan komponen-komponen tersebut dengan lap hingga kering baru kemudian membawa mobil ke bengkel terdekat. 

  • Nonaktifkan Rem Tangan

Ketika terendam banjir, kampas pada rem tangan bisa lengket jika dalam keadaan aktif. Oleh sebab itu, segera matikan sistem rem tangan ketika mobil mulai tergenang banjir. 

Jika mobil Anda menggunakan transmisi manual, maka salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengganti fungsi rem tangan adalah dengan mengganti gigi mesin ke posisi gigi satu. Selain itu, gunakan batu besar untuk menghalangi mobil bergerak.

  • Bawa Ke Bengkel Resmi

Langkah terakhir untuk mengatasi masalah yang terjadi pada mobil pasca terkena banjir adalah membawanya ke bengkel resmi. Jika mobil terlanjur mogok, maka Anda harus memanggil jasa derek sebelum membawa mobil ke bengkel resmi. Pastikan mobil dirawat dengan benar di bengkel resmi agar terhindar dari kerusakan yang lebih besar.

Itu dia lima tips untuk merawat mobil yang terendam banjir. Semoga informasi di atas berguna untuk Anda, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *