Doni Monardo Targetkan Perayaan 17 Agustus 2021 Indonesia Bisa Bebas Covid-19

Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid‑19 menunjukkan terjadi penurunan kasus aktif di Indonesia sebanyak 15.000 orang dalam kurun waktu seminggu. Terjadinya penurunan kasus tersebut membuat Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid 19, Doni Monardo, menargetkan Indonesia bisa bebas dari Covid 19 pada perayaan 17 Agustus mendatang. Hal tersebut disampaikanya dalam Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, pada Jumat (19/2/2021).

"Data yang dikeluarkan oleh tim satgas pada posisi kemarin, kasus aktif kita telah turun menjadi 161.000 orang. Telah terjadi penurunan sebanyak 15.000 orang, dalam kurun waktu sekitar seminggu." "Target kita adalah pada perayaan 17 Agustus yang akan datang, maka kita harus betul betul bebas dari Covid 19," kata Doni. Bebas ini dalam artian Covid 19 berada dalam posisi yang dapat dikendalikan.

Ia kemudian menambahkan, penurunan ini karena adanya hal positif yang telah terjadi dan dilakukan oleh semua pihak dalam pengendalian Covid 19 ini. Doni meminta agar dalam upaya penanganan Covid 19 ini bisa terus melibatkan masyarakat. "Saya berharap kita semua semakin banyak melibatkan masyarakat dalam upaya penanganan Covid 19."

"Mengapa demikian, karena masyarakatlah yang bisa bersama sama untuk mencari cara terbaik," ujar Doni. Keterlibatan masyarakat ini bisa diwujudkan melalui kesepakatan, melalui pertemuan pertemuan koordinasi, baik secara fisik maupun virtual. Hal ini agar semua pihak semakin menyadari yang paling penting dalam penanganan Covid 19 adalah disiplinuntuk patuh terhadap protokol kesehatan.

"Mudah mudahan dengan inovasi dan kerja keras yang tiada henti, kita semua bisa mampu menekan semua kasus ini," pungkas Doni. Diwartakan sebelumnya, pemerintah terus berupaya mengendalikan Covid 19 di Indonesia. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan selain vaksinasi pemerintah berupaya menekan jumlah kasus aktif dan kasus meninggal, serta memaksimalkan jumlah kasus sembuh Covid 19.

"Kita bersyukur bahwa jumlah kasus sembuh kita sudah sampai di atas 1 juta dan atau 84% punya target kita 100 persen," ujar Wiku dalam diskusi virtual yang dikutip dari channel YouTube Changeorg, Kamis (18/2/2021). Wiku mengatakan dalam skala global tren kasus konfirmasi positif Covid 19 terus mengalami penurunan. "Menurut global kasus posifif menurun terus kita harus siap dengan berbagai kondisi yang ada di dunia," ujarnya.

Ia menambahkan per 17 Februari kasus aktif sebanyak 162.182 atau 13,04 persen, sementara untuk kasus dunia sebesar 20,65 persen. Jumlah kasus meninggalnya kumulatif 33.788 dengan persentasenya 2,72 persen. "Turun terus sekarang 2,7 persen di dunia 2,2 persen," kata Wiku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *