Inilah Perbedaan Asuransi Kesehatan Khusus Individu dan Karyawan

Dalam kehidupan sehari – hari, Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya produk asuransi kesehatan yang banyak ditawarkan di Indonesia, bukan? Ya, produk asuransi kesehatan sendiri umumnya hadir dalam memberikan manfaat proteksi bagi pihak nasabah dari berbagai biaya pengobatan maupun perawatan medis tertentu. Berbicara mengenai asuransi kesehatan, Anda perlu tahu bahwa ternyata ada yang namanya asuransi kesehatan individu dan asuransi kesehatan karyawan. Lantas apa saja perbedaan di antara kedua produk asuransi kesehatan tersebut, simak detail ulasannya di artikel berikut. 

Perbedaan asuransi kesehatan khusus individu dan karyawan

Meskipun sama – sama memberikan manfaat proteksi bagi nasabah, akan tetapi dari asuransi kesehatan khusus individu dan karyawan umumnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apabila Anda sendiri mungkin saja merasa penasaran mengenai apa saja perbedaan dari kedua produk asuransi kesehatan tersebut, maka bisa melihat sejumlah perbedaannya di bawah ini.

  • Premi asuransi

Salah satu perbedaan dari asuransi kesehatan khusus individu dan karyawan, yakni terletak dari premi asuransi yang dibayarkannya. Pada asuransi kesehatan khusus individu, besaran premi biasanya ditetapkan sesuai dengan usia nasabah. Sehingga semakin tua usia nasabah, maka akan semakin besar juga premi asuransi yang harus dibayarkan. Sedangkan untuk asuransi kesehatan karyawan, biasanya besaran premi umumnya ditetapkan sama rata bagi semua usia nasabah.

  • Proses pembayaran

Proses pembayaran asuransi antara asuransi kesehatan individu dan karyawan, umumnya juga memiliki perbedaan yang terbilang cukup signifikan. Yang mana dalam hal ini, produk asuransi kesehatan khusus individu umumnya melakukan proses pembayaran asuransi secara manual setiap bulannya. Hal ini jauh berbeda dengan asuransi kesehatan karyawan, yang mana proses pembayaran biasanya dilakukan oleh perusahaan dan diambil dari pemotongan gaji karyawan setiap bulannya. 

  • Manfaat yang diberikan ke nasabah

Mengenai manfaat yang diberikan ke nasabah pada asuransi kesehatan khusus individu, yakni Anda dapat menentukan di awal mengenai apa saja manfaat yang diinginkan. Baru setelah itu, manfaat dari asuransi tersebut akan tertulis dalam kontrak perjanjian antara pihak perusahaan asuransi nantinya. Sementara pada asuransi kesehatan karyawan, manfaat yang diberikan ke nasabah cukup terbatas bergantung dari kesepakatan antara perusahaan tempat karyawan bekerja dan perusahaan asuransi. 

  • Proses pengajuan asuransi

Dalam mengajukan asuransi kesehatan khusus individu, seseorang diharuskan melalui proses underwriting (proses penilaian dan penggolongan derajat risiko yang ada pada calon nasabah, serta pembuatan keputusan untuk menyetujui / menolak risiko tersebut) terlebih dahulu. Sedangkan pada proses pengajuan asuransi kesehatan karyawan, biasanya akan secara otomatis disetujui dan hanya dilakukan pengecekan terhadap perusahaan yang mengajukan asuransi ini.

Setelah melihat informasi di atas, tentunya Anda sudah tidak bingung lagi mengenai perbedaan dari asuransi kesehatan individu dan karyawan tersebut, bukan? Sehingga, Anda bisa menentukan sendiri kira – kira mana produk asuransi kesehatan yang akan dipilih. Sebagai rekomendasi, Anda bisa membeli produk asuransi kesehatan terpercaya dari FWD Insurance yang sudah banyak digunakan kalangan masyarakat Indonesia. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *