Memahami Fungsi Oli Gardan Mobil & Motor

Oli gardan mobil & motor adalah salah satu bagian perawatan yang paling penting untuk sepeda motor dan mobil. Oli gardan ini digunakan untuk mencegah kerusakan fatal pada transmisi otomatis sepeda motor atau mobil dengan menghaluskan gesekan antara bagian-bagian transmisi otomatis.

Fungsi Oli Gardan

Jika Anda memiliki sepeda motor atau mobil, sudah pasti penting untuk memeriksa oli pada gardan Anda. Oli gardan dirancang untuk melumasi suku cadang transmisi otomatis pada sepeda motor dan mobil, memberikan gesekan yang lebih baik antara komponen transmisi.

Ciri utama oli pada gardan yang perlu diganti adalah mengeluarkan suara bising di dalam box motor variator. Begitu juga dengan beralih ke transmisi otomatis akan membuat mobil terasa kasar dan berisik. Kegagalan mengganti oli gardan akan merusak rasio roda gigi mesin karena berkurangnya viskositas oli gardan.

Demikian pula, dalam kasus kendaraan roda empat atau mobil penumpang, viskositas oli gandar diturunkan dan gesekan sangat tinggi, yang akan merusak bagian transmisi otomatis. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kekentalan oli gardan ini dengan cara menggantinya secara rutin. 

Waktu Untuk Mengganti Oli Gardan

Kebanyakan orang tidak mengerti kapan harus mengganti oli gardan kendaraan mereka. Wajar saja, karena dalam kesibukan sehari-hari kita sering melupakan hal-hal sepele seperti mengganti oli pada gardan mesin mobil. Biasanya kendaraan kita perlu mengganti oli gardan setiap 4-8 bulan sekali.

Tergantung pada jenis kendaraan itu sendiri, beberapa kendaraan memerlukan penggantian oli gardan setiap 3 bulan, sementara yang lain memerlukan penggantian setiap 8 bulan. Padahal, acuan kita bukan hanya waktu, tapi juga jarak tempuh kendaraan serta penggantian oli di jembatan.

Sebagian besar kendaraan, baik mobil atau sepeda motor, membutuhkan setidaknya 8.000 km untuk mengganti oli gardan. Kegagalan mengganti oli pada gardan setelah waktu dan jarak tempuh yang ditentukan sangat berbahaya bagi mesin mobil dan dapat menyebabkan kerusakan lainnya.

Oli gardan mobil & motor tentunya berbeda dan ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan Anda. jika ingin lebih mudah, Anda bisa melakukan pemesanan dan pembelian dengan harga terjangkau melalui autochem.id di kota Anda. 

Deskripsi : oli gardan mobil & motor memiliki fungsi yang tidak berbeda jauh dan tentunya juga berperan penting pada mesin mobil. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.